saat ini menjadi populer itu sangat mudah dan cepat. teknologi informasi bisa kita memanfaatkan untuk mencapai tujuan itu. keong racun adalah contoh konkret bagaimana teknologi bisa melejitkan seseorang yang semula bukan siapa-siapa, tiba-tiba melenting menjadi seleb.
nama keong racun mencuat menjadi pembicaraan baik di wilayah online maupun online dalam waktu yang sangat singkat. jika ingin menjadi populer, diperbincangkan masyarakat, sebaiknya kita, brand, penyanyi atau band menyimak baik-baik perjalanan “karir” mereka.
keong racun adalah video disko dangdut yang dinyanyikan oleh dua remaja, sinta dan jojo. dua remaja ini mulai dikenal ketika videonya diunggah di youtube. awalnya video mereka belum begitu dikenal. sampai suatu ketika, seorang kaskuser (sebutan member kaskus, sebuah tempat diskusi online) membuat thread “official thread sinta dan jojo”.
dari sinilah “karir” sinta dan jojo melesat. di forum diskusi tersebut video disko dangdut keong racun mendapat sambutan heboh dari member forum yang jumlahnya jutaan tersebut. di dunia online nama sinta dan jojo tiba-tiba sangat populer. videonya di youtube dikunjungi puluhan ribu orang.
dan sejak itu sinta jojo dikenal sebagai duo kaskus. semua anggota membincangkan keong racun dan menyebarkanya dengan suka rela.
sinta dan jojo tak menyangka sama sekali. efek penyebaran word of mouth, menjadikan aksinya yang hanya lip sync tersebut menghebohkan semua orang. mahasiswi jurusan hubungan internasional di salah satu kampus swasta di bandung ini baru menyadari ketenaranya ketika berada di mall. banyak orang yang mengenali wajah lalu menyapanya.
hai megazine mewawancarai khusus duo kaskus itu. selain itu wajah jojo dijadikan cover majalah tersebut pada edisi 29, terbit 19 Juli 2010. di hai, ia menceritakan lengkap awal pembuatan video tersebut sampai efeknya yang dialami setelah menjadi seleb.
keseleban sinta jojo pun merambah ke televisi. program silet, pada 27 juli secara khusus membahas sepak terjang duo kaskus yang pernah “shock” karena ketenarannya itu. dan keong racun menjadi trending topik nomor satu di twitter. dalam waktu kurang lebih dua bulan dan tanpa direncanakan sinta dan jojo sukses mengalahkan kepopuleran ariel - luna maya.
keong racun mempromosikan dirinya nyaris tanpa biaya. dengan segala keunikannya dia bisa “memaksa” semua orang membincangkan dan menyebarkannya dengan suka rela.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar